Jumat, 17 April 2009

“POHON ARA YANG MANDUL” (Markus 11:12-14)


ini satu lagi dari hanny, teman kita yang keren abisssss.

Chappel: Kamis, 19 Febuari 2009
Hanny Gunawan
“POHON ARA YANG MANDUL”
(Markus 11:12-14)
Hanya oleh kasih dan karunia Tuhan, kita dapat berbuah lebat
Mar 11:12 Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania , Yesus merasa lapar.
Mar 11:13 Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun . Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara.
Mar 11:14 Maka kata-Nya kepada pohon itu: "Jangan lagi seorangpun makan buahmu selama-lamanya!" Dan murid-murid-Nyapun mendengarnya
Ay.12 ketika Tuhan Yesus bersama-sama dengan kedua belas murid-Nya meninggalkan kota Betania dan menuju ke kota Yerusalem Ay.13a Ia melihat Pohon Ara yang sudah berdaun, Ia ingin mendapatkan sesuatu dari pohon tersebut. Namun setelah Ia mendekat, Ia tidak mendapati apa2 selain daunnya saja, sebab memang bukan musim buah ara Ay.14 Tuhan Yesus mengutuk pohon tersebut: “Jangan ada lagi seorangpun yang makan buahmu selama-lamanya.
Permasalah yang timbul:
Ay.14 Tuhan Yesus mengutuk Pohon Ara yang memang bukan musim buah ara??? Apakah salahnya Pohon Ara atau Tuhan Yesus yang kurang kerjaan???
Sebelum kita masuk ke dalam poin2, saya akan membawa saudara2 sekalian untuk mempelajari lebih dalam lagi Pohon Ara ini:
Pohon ara adalah: tumbuhan asli di Asia Kecil dan Siria, tingginya bisa mencapai 12 m dan tumbuhnya di tanah yang berbatu-batu. Buahnya kerap mendahului daunnya, pohon ara adalah pohon yang lebat buahnya, tidak ada pohon buah-buahan yang dapat menandingi pohon ara dalam hal kelebatan buahnya. Dan yang perlu kita ingat: Buah Ara adalah makanan utama/dasar di timur tengah. Jenis2 dari Pohon Ara:"yang paling primitif adalah Ara Capri, pada umumnya dikenal sebagai jenis buah ara yangdapat dimakan. Pohon ara capri dapat berbuah sepanjang musim pertumbuhan-nya. yang pertama adalah buah musim semi (profichi), kedua buah musim panas (mammoni), dan ketiga buah musim dingin (mamme)".
Siapakah yang Dilambangkan sebagai Pohon Ara Yang Mandul?
• Umat pilihan Tuhan, yaitu: Bangsa Israel (Hos.9:10; Yer.8:13). Pohon ara adalah lambang bangsa Yahudi, yang berlimpah-limpah dalam daun-daun pekerjaan keagamaan, tapi mandul dalam buah-buah kebenaran. Pengutukan pohon itu menubuatkan nasib para pembesar Yahudi, yang saat itu menolak Mesias sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka.
Apa yang ingin Tuhan kehendaki dari Pelajaran Pohon Ara Yang Mandul?
1. Tuhan mau kita berbuah dengan tidak mengenal musim (ay.13)
-Tuhan mau kita berbuah dengan tidak mengenal kondisi, baik susah-senang. Kita harus berbuah, Berbuah seperti apa yang diinginkan Tuhan: BUAH KEBENARAN = BUAH ROH
Buah Roh (Gal.5:22-23) Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
Gal 5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.




2. Tuhan mau kita untuk menghargai anugerahNya
Yunani χαρις – kharis, Ibrani חן – KHEN arti pengampunan dari manusia dan juga dari Allah.
• ANUGERAH = KASIH KARUNIA = PEMBERIAN
• Kesabaran Allah itu memang benar-benar sempurna, namun ada batasnya. Demikian juga Masa Anugerah ada batasnya!!!
Saudara-saudara ku jangan bermain-main dengan Anugerah Tuhan

Tidak ada komentar: